Resep Pizza Italian Woodfired

Bahan Pizza:

3 cups terigu
1 cup air (hangat kuku)
1 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdm yeast (Fermipan, etc)
2 sdm minyak (olive oil/canola/sunflower oil lebih bagus krn tidak terlalu berlemak)
extra minyak untuk mengoles mangkok
Baking paper

Cara membuat:

Terigu, gula pasir dan garam aduk rata. Masukkan air dan minyak, aduk rata and terakhir masukkan yeast. Ulen dengan tangan +/- 10-20 menit atau sampai adonan bisa mengembang kembali bila ditekan dengan jari dan permukaan adonan kelihatan halus. Pindahkan adonan ke dalam mangkok yang sudah diolesi minyak, tutup dengan clingwrap atau kain serbet bersih sampai ukurannya mengembang dua kali lipat. Jangan menaruh mangkok dekat kompor.

Setelah mengembang dua kali lipat, perlahan-lahan tekan adonannya supaya udaranya keluar. Bulatkan adonan seperti bola dan tutup kembali dengan clingwrap atau kain serbet. Diamkan selama 1 jam.

Setelah 1 jam, bagi adonan menjadi 3 bagian dan bulatkan. Keluarkan adonan satu persatu and giling adonan tersebut menjadi pizza base dengan ketinggian sesuai selera. Anda bisa memilih sesuai selera, pizza base apa yang anda suka, thick base, classic crust atau thin base. Supaya praktis, giling adonan ini di atas baking paper yang sudah dipotong seukuran pizza supaya mudah dipindah-pindah.

Adonan ini cukup untuk membuat 3 pizza ukuran besar (classic crust base).

Untuk isi, taruh bahan-bahan di bawah ini secara berurutan supaya isi pizza melekat dan tidak hancur. Tidak perlu disisakan jarak sedikit di ujungnya untuk mebuat pizza crust karena ujungnya akan mengembang dengan sendirinya.

1. Light Mozarella cheese atau Mozarella cheese saja boleh. Cheese yang lain tidak bisa dipakai karena lelehannya tidak sebagus dan sekuat mozarella untuk mengikat dan menutup isi pizza. Tabur secara merata sampai dasr pizza tertutup tapi jangan terlalu tebal.

2. Sayur-sayuran seperti irisan bawang bombai, capsicum, jagung manis, tomat, cabe, etc. Isi pizza tidak harus seperti yang dijual di toko. Isinya boleh apa saja yang anda suka.

3. Daging. Jangan pusing-pusing. Ada leftover masakan apa yang anda punya di kulkas?? Ayam goreng,daging sapi cincang, empal, etc. Boleh diisi ke dalam pizza.

4. Saus. Boleh saus tomat, barbeque sauce, chilli sauce.

5. Tabur sedikit garam dan lada hitam di atas bahan-bahan yang sudah diisi untuk menambah rasa.

6. Tabur lagi Mozarella cheese di atas bahan-bahan tersebut sampai tertutup rata. Tapi jangan terlalu tebal.

Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 220C. Kalau bisa, lebih bagus pakai pizza stone (panggangan pizza yang terbuat dari batu atau terracota). Tapi kalau tidak ada, loyang aluminium juga boleh. Yang penting panasnya bisa merata ke semua bagian pizza ini. Panggang selama 10-18 menit (sesuai ketebalan pizza base). Setelah matang langsung dipotong menjadi delapan bagian dan hidangkan panas-panas.

Speak Your Mind

*